yang banyak dilihat

Sabtu, 18 Desember 2010

Sekilas tentang farmasi

FARMASI adalah ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik formulasi obat, identifikasi, kombinasi, analisis dan standarisasi/ pembakuan obat serta pengobatan, dan termasuk pula sifat obat dan distribusinya serta penggunaanya yang aman.
farmasi dalam bahasa Yunani disebut farmakon yang berarti medika atau obat, sedangkan ilmu resep adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat- obatan menjadi bentuk tertentu (meracik) hingga siap digunakan sebagai obat.
profesi farmasi merupakan profesi yang berhubungan dengan ilmu dalam penyediaan (pengolahan) bahan sumber daya alam dan bahan sintesis yang cocok dan menyenangkan untuk didistribusikan dan digunakan dalam pengobatan dan pencegahan suatu penyakit.
penyediaan obat-obatan disini mengandung arti pengumpulan, pengenalan, pengawetan dan pembakuan bahan obat-obatan. melihat ruang lingkup dunia farmasi yang cukup luas, maka mudah dipahami bahwa ilmu reseptidak dapat berdiri sendiri tanpa kerja sama dengan yang baik dengan cabang ilmu lain, seperti fisika, kimia, biologi, dan farmakologi.
Macam - macam sediaan farmasi (secara garis besar) :
1. pulvis dan pulveres (serbuk terbagi dean tidak terbagi)
2. kapsul (capsulae)
3. salep/ unguenta / unguentum (ointment)
4. larutan (solutiones)
5. emulsi (emulsiones, emulsa)
6. suspensi (suspentiones)
7. pil (pilulae)
8. supositoria 
9. tablet (compressi)
10.sediaan steril: injeksi, infus intravena, imunoserum, dan irigasi
11.aerosol (aerosolum)


dikutip dari buku ilmu resep karangan Drs.H.A.Syamsuni, Apt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar